Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Apa itu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)?

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) merupakan gabungan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis sistem komputer dan sistem pakar mengenai cara menciptakan sebuah mesin yang memiliki kecerdasan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan umum di dunia nyata, dengan mengikuti cara berpikir dan berperilaku seperti manusia.
Gambar 1. Filosofi AI (venturebeat.com)

Apa tujuan dari Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)?

Ada dua tujuan yang ingin dicapai dari AI, yakni:
1. Menciptakan Sistem Pakar, berarti agar dapat menciptakan suatu sistem yang dapat berperilaku cerdas, serta dapat mempelajari, mendemonstrasikan, menjelaskan, dan memberi saran layaknya seorang pakar kepada penggunanya.
2. Mengimplementasikan  Kecerdasan Manusia dalam Sebuah Mesin. Hal ini berarti menciptakan suatu sistem yang dapat mengerti, berpikir, belajar, dan bertindak seperti manusia.
Gambar 2. Ruang Lingkup Bidang Ilmu yang Berkontribusi dalam AI (tutorialspoint.com)

AI vs Program Konvensional

Tabel 1. Perbedaan antara AI dan Pemrograman Konvensional (Dahria, 2008).
Dimensi
AI
Pemrograman Konvesional
Pemrosesan
Pengetahuan diperoleh dari mekanisme pemrosesan
Digabung dalam satu program sekuensial
Eksekusi
Eksekusi dilakukan secara huristik dan logis
Secara Algoritma(step-by-step)
Sifat Input
Bisa tidak lengkap
Harus lengkap
Manipulasi
Efektif pada basis pengetahuan yang besar
Efektif pada database yang besar
Keterangan (Penjelasan)
Disediakan
Biasanya tidak disediakan
Fokus
Pengetahuan
Data dan Informasi
Struktur
Kontrol dipisahkan dari pengetahuan
Kontrol terintegrasi dengan informasi (data)
Sifat Output
Kualitatif
Kuantitatif
Perubahan
Perubahan pada kaidah dapat dilakukan dengan kaidah  yang sedikit
Pada program merepotkan
Kemampuan Menalar
Ya
Tidak

Contoh AI

Dilansir dari website forbes.com, terdapat 5 contoh mesin AI yang cukup populer:
1. Siri, yaitu sebuah Personal Digital Assistent (PDA) dari Apple.Inc, yang dapat berinteraksi dengan user melalui suara yang dapat diterima manusia berdasarkan kehidupan sehari-hari. Siri membantu user untuk menemukan berbagai informasi, mengarahkan user, menambahkan event-event milik user dalam kalendar, mengirimkan pesan, dan sebagainya. Siri menggunakan teknologi machine learning untuk memprediksi dan mengerti bahasa alami manusia.
2. Alexa, yaitu sebuah komputer yang dapat berkomunikasi dengan user untuk membantu user menjelajahi web dalam mendapatkan informasi, berbelanja, menjadwalkan janji temu, mengatur alarm dan berbagai hal lainnya.
3. Tesla, yaitu sebuah mobil yang dapat mengemudi otomatis berdasarkan kebutuhan user, serta mengadaptasikan keadaan di dalam mobil dengan keadaan di sekitar secara otomatis, misalnya kondisi pencahayaan lampu yang berada di dalam mobil, ataupun pengaturan suhu.
4. Netflix, yaitu sebuah mesin yang menyediakan teknologi prediksi yang sangat akurat mengenai reaksi user terhadap film. Terdapat miliyaran rekaman film, namun Netlix dapat menyarankan film yang user sukai berdasarkan reaksi dan pilihan film sebelumnya.
5. Boxever, yaitu sebuah mesin yang dapat merekam pengalaman user dalam industri perjalanan dan memberikan 'momen mikro', atau pengalaman yang menyenangkan user sepanjang perjalanan. Mirip seperti Netflix, mesin ini dapat merekomendasikan perjalanan terbaik yang tujuannya untuk menarik user.
Gambar 3. Ilustrasi Netflix.

Apakah AI dapat benar-benar berpikir dan berperilaku seperti manusia?

Menurut saya pribadi, jawabannya tidak. AI tidak dapat berpikir, bertindak, ataupun berkembang dari kemampuannya sendiri. AI adalah sebuah mesin yang 'mengikuti' cara berpikir dan tingkah laku manusia. AI adalah mesin yang merekam kecerdasan manusia (dalam hal ini pakar). Semakin banyak data kecerdasan manusia yang diterima oleh sebuah mesin AI maka AI semakin dapat dikembangkan. Isu yang beredar bahwa AI dapat menjadi seperti manusia sampai sekarang belum dapat dibuktikan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)"

Posting Komentar

Advertise Banner

Video

About Templatezy