Protokol dan Standar

Apa itu protokol?
Protokol merupakan sinonim dari rule atau "aturan main".  Dalam suatu jaringan komputer, terjadi sebuah proses komunikasi antar entiti atau perangkat yang berlainan sistemnya. Entiti atau perangkat ini adalah segala sesuatu yang mampu menerima dan mengirim. Untuk berkomunikasi, mengirim, dan menerima antara dua entiti dibutuhkan pengertian di antara kedua belah pihak. Pengertian ini lah yang dikatakan sebagai protokol. Jadi, protokol adalah himpunan aturan - aturan main yang mengatur komunikasi data.  Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan, serta bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi. Elemen - elemen penting dari protokol adalah : syntax, semantics dan timing. 

Baca juga : Jaringan Komputer
Illustration 1. What's a protocol?

Syntax mengacu pada struktur atau format data, yang mana dalam urutan tampilannya memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh, sebuah protokol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama adalah alamat pengirim, delapan bit kedua adalah alamat penerima dan bit stream sisanya merupakan informasinya sendiri.

Semantics mengacu pada maksud setiap section bit. Dengan kata lain adalah bagaimana bit-bit tersebut terpola untuk dapat diterjemahkan.

Timing mengacu pada 2 karakteristik yakni kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data tersebut dikirim. Sebagai contoh, jika pengirim memproduksi data sebesar 100 Megabits per detik (Mbps) namun penerima hanya mampu mengolah data pada  kecepatan 1 Mbps, maka transmisi data akan menjadi overload pada sisi penerima dan akibatnya banyak data yang akan hilang atau musnah.

Fungsi Protokol 
Fungsi protokol adalah :
Fragmentasi dan Reassembly. Membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
Encaptulation. Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain
Connection Control. Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver.
Flow Control. Fungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.
Error Control. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
Transmission Service. Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.    

Apa itu Standar?  
Standar merupakan rule yang telah disepakati untuk diaplikasikan. Standar adalah suatu hal yang penting dalam penciptaan dan pemeliharaan sebuah kompetisi pasar dari manufaktur perangkat komunikasi dan menjadi jaminan interoperability data dalam proses komunikasi. Standar komunikasi data dapat dikategorikan dalam 2 kategori yakni kategori de facto (konvensi) dan de jure (secara hukum atau regulasi).

Illustration 2. Standards.
Standarisasi Protokol
Alasan di perlukan standarisasi dalam komunikasi data pada suatu jaringan komputer:
  1. Standarisasi memberikan jaminan kepada produsen hardware dan software bahwa produknya akan banyak digunakan oleh pemakai dengan kata lain potensi pasar menjadi lebih besar.
  2. Standarisasi menjadikan produk dari para produsen komputer dapat saling berkomunikasi, sehingga pembeli menjadi lebih leluasa dalam memilih peralatan dan menggunakanya.
  3. Dengan standarisasi maka produsen tidak dapat melakukan monopoli pasar sehingga harga produk menjadi lebih murah karena terjadi persaingan sehat antar para produsen dalam menjual produknya.   
Organisasi Standar
Beberapa perusahaan yang berperan dalam usaha komunikasi, antara lain :
1. Electronic Industries Association (EIA)  
2. Committee Consultative Internationale de Telegrapque et Telephonique (CCITT)
3. International Standards Organization (ISO)  
4. American National Standard Institute (ANSI) 
5. Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)
6. International Telecommunications Union-Telecommunication Standards Section (ITUT)
7. Frame Relay Forum dan ATM Forum, organisasi yang bersifat forum ilmiah. 
8. Federal Communications Commision (FCC), organisasi yang berfungsi sebagai agen regulasi  

Standar Internet
Standar internet adalah sebuah proses panjang yang teruji dan terspesifikasi sehingga menjadi berguna bagi siapa yang bekerja dengan internet. Spesifikasi ini dimulai dengan sebuah draft. Kemudian draft internet ini menjadi dokumen acuan kerja yang memiliki umur 6 bulan. Setelah itu akan mendapatkan otoritas internet dan dipublikasikan sebagai Request for Comment (RFC). 

Administrasi Internet
Internet yang pada mulanya merupakan jaringan komputer skala kecil dikalangan akademisi makin bertambah luas bahkan untuk kepentingan militer, komersial dan hiburan. Semakin luasnya aktivitas internet tersebut diperlukan koordinasi dan administrasi untuk mengaturnya. Mulai dari tingkat pengorganisasian nama domain dari root sampai organisasi yang mengatur nama domain untuk root negara. Juga ada organisasi yang mengadministratif standar teknis internet dan mendistribusikan atau mengumpulkan informasi tentang TCP/IP.  
Di antaranya adalah :
‐ Internet Society (ISOC)
‐ Internet Architecture Board (IAB)
‐ Internet Engineering Task Force (IETF)
‐ Internet Research Task Force (IRTF)
‐ Internet Asigned Number Authority (IANA) dan Internet Corporation for Assigned
‐ Names and Numbers (ICANN)




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Protokol dan Standar"

Posting Komentar

Advertise Banner

Video

About Templatezy